Sepanjang 1.500 Meter Pembangunan JUT untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Desa Kasiman

  • Sep 23, 2023
  • Kasiman

KABARKASIMAN-Salah satu hal penting yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Desa Kasiman kecamatan Kerek adalah pembangunan infrastruktur pertanian berupa Jalan Usaha Tani (JUT) atau jalan pertanian.

Jalan usaha tani (JUT) adalah jalan yang dibangun oleh pemerintah dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Dengan lebar 2,5 meter dan panjang 1.500 meter menghubungkan antara lahan pertanian dengan jalan raya utama di desa Kasiman.

Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian terutama saat musim penghujan tiba. Serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

Kepala Desa Kasiman H. Rumadi mengatakan, Desa Kasiman merupakan Desa yang mana mayoritas penduduknya sebagian besar adalah Petani, maka pemerintah desa akan terus berusaha memfasilitasi sektor pertanian ditandai dengan pembangunan JUT untuk memperluas daya jangkau distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani di Desa Kasiman.

"Agar dapat menjangkau area perkebunan, maka diperlukan akses berupa jalan usaha tani agar pengangkutan hasil panen tidak terhambat oleh medan, terutama saat musim penghujan" ujar Kades Kasiman.

Dalam pelaksanaanya pembangunan jalan usaha tani melibatkan tenaga kerja lokal yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa Kasiman.

Dengan dilaksanakanya pembangunan jalan usaha tani ini diharapkan proses mobilisasi alat-alat pertanian juga produk pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik. (xgo)