Musyawarah Masyarakat Desa di Desa Kasiman Kecamatan Kerek

  • Nov 02, 2023
  • Kasiman

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Tujuan MMD adalah (1) Agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, (2) Agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, (3) Tersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama.

Pada hari Kamis tanggal 2 November 2023 Puskesmas Gaji melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bertempat di Balai Desa Kasiman dengan jumlah peserta 35 orang yang terdiri dari Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), TP PKK, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama dan Karangtaruna. Seluruh peserta MMD sangat antusias dalam diskusi kelompok untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah. Selanjutnya perwakilan warga desa, kader dan tokoh masyarakat ini secara bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di desa Kasiman. Secara keseluruhan ada 10 permasalahan yang dibahas dan satu per satu dan kemudian diadakan diskusi dengan kader posyandu dan Perangkat Desa. Setelah diadakan diskusi dengan semua peserta MMD didapati 3 Prioritas Permasalahan yang harus segera ditangani. Ketiga Prioritas Permaslahan tersebut adalah :

1. Larangan merokok di lingkungan instansi pelayanan masyarakat. 

2. Program pengadaan abate untuk membasmi jentik nyamuk. 

3. Manajemen pengolahan sampah desa Kasiman. 

Selanjutnya Pemdes Kasiman membahas ketiga Prioritas Permasalahan tersebut secara intern dan akan mengusahakan agar ketiga permaslahan tersebut masuk kedalam skala prioritas kerja Pemdes Kasiman Tahun 2024 mendatang. 

Kegiatan MMD berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya MMD ini semua dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan di desa Kasiman.