Menuju Kabupaten ODF, Tim Verifikasi Provinsi Jawa Timur “Blusukan” ke Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

  • Nov 29, 2023
  • Kasiman

KASIMAN – Tim gabungan verifikasi Open Defecation Free (ODF) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur "blusukan" menyambangi dua desa sasaran di Kecamatan Kerek yaitu Desa Kasiman dan Desa Kedungrejo. Rabu (29/11/2023). Mereka memastikan Tuban menuju kabupaten ODF.

Setelah penyambutan dan penerimaan tim survey di pendopo Kecamatan Kerek lalu tim verifikator sebanyak 6 anggota dibagi dua tim kecil menuju desa Kedungrejo dan Desa Kasiman melakukan verifikasi lapangan. Mereka didampingi petugas pendamping lokal, Kepala Puskesmas Gaji, Bidan Desa, Kader Desa, BABINSA Desa, BABINKAMTIBMAS, Perangkat Desa dan Pendamping Kecamatan untuk mengunjungi lokasi survey.

Dari hasil survey yang diambil sampel 25KK, Desa Kasiman secara umum sudah menjadi desa ODF Open Defecation Free atau tidak buang air besar sembarangan.

Selain survey stop BABS (Buang air besar Sembarngan) fokus penilaian tim juga meliputi pilar kebiasaan cuci tangan, sanitasi, pengelolaan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah cair. Temuan dilapangan dari 25KK terdapat 1KK yang tidak membiasakan melakukan kebiasaan mencuci tangan. 

"Desa Kasiman sebenarnya sudah bagus karena setiap rumah sudah memliki jamban, namun dari 25KK yang kami kunjungi 9 diantaranya dinyatakan layak karena tidak melakukan sedot septic tank dalam kurun lima tahun terkhir. Sedangkan 16KK dinyatakan aman. Selain itu juga terdapat 1KK yang tidak memerapkan kebiasaan mencuci tangan". Jelas Ketua Tim Verifikator. 

Menurutnya, perilaku hidup sehat ditambah lingkungan yang terjaga, dapat meminimalisasi kemungkinan penyebaran penyakit menular. (xgo)