Dari Masyarakat untuk Masyarakat: Hasil Lelang TKD untuk Pendidikan Desa Kasiman

  • Oct 03, 2023
  • Kasiman

KABARKASIMAN- Pada hari Senin tanggal 2 Oktober 2023 tepatnya pukul 09.00 WIB dilaksanakan kegiatan Lelang Terbuka Tanah Bengkok dan Tanah Kas Desa bertempat di aula balai desa Kasiman Kecamatan Kerek. Tanah kas dan bengkok desa ada 27 bidang yang akan disewakan. Adapun peserta yang hadir pada lelang tanah kas desa sebanyak 50 orang. 

Kegiatan Lelang Tanah Kas Desa merupakan kegiatan untuk menentukan pemegang hak sewa tanah sawah yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Kegiatan ini dinamakan lelang, meskipun dalam pelaksanaannya cara penentuan pemegang hak sewa ditentukan berdasarkan di undi. Namun karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, maka penyebutannya menjadi lelang tanah kas desa. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kasiman melalui lelang tanah kas desa yang mana hasil dari sewa tanah kas tersebut akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk peningkatan infrastruktur pendidikan. Ada 4 lembaga pendidikan yang mendapat dana hibah yaitu MI Al-Hidayah Kasiman, TPQ Ar-Rohman (Hj. Ma'sumah), TPQ Nailul Falah (M. Arifin), dan TPQ An-Nur (Hilaluddin). Dengan Harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di desa Kasiman. 

Dalam kegiatan ini Kepala Desa Kasiman H. Rumadi mengatakan bahwa karena jumlah sawah yang akan disewakan hanya 27 bidang padahal masyarakat yang hadir lebih dari kouta, maka bagi yang saat ini belum beruntung supaya untuk bersabar dan mohon pengertiannya, dan yang pemegang hak menggarap tanah kas desa semoga hasil panen melimpah berkah. (xgo)